Selasa, 09 Oktober 2012

Ampas Kedelai dapat Dijadikan Masker Wajah









Siapapun pasti sudah mengetahui beragam manfaat makanan yang terbuat dari bahan dasar kedelai seperti tempe, tahu, kecap atau bisa dijadikan susu dan yoghurt. Kedelai memang kaya dengan manfaat. Selain kedelai bermanfaat bagi kesehatan, ampas kedelai juga memiliki manfaat yang sangat bagus bagi kulit manusia, di balik bentuknya yang kecil, kedelai memang memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh dan kulit. Selain dapat  mencegah resiko penyakit kanker, kedelai juga dapat mencegah beragam penyakit lainnya. Sebut saja hipertensi, diabetes, osteoporosis, hingga penuaan dini atau anti-aging. 
Kacang kedelai juga baik untuk kepadatan tulang, menjaga berat badan dan mengobati berbagai penyakit. Kabar baiknya bagi wanita adalah kacang kedelai bisa dijadikan sebagai perawatan kecantikan. Kacang kedelai dipercaya baik untuk kulit, karena kedelai merupakan sumber utama isoflavon, yang terbukti memiliki banyak manfaat bagi tubuh dan kulit. Salah satunya adalah menjaga elastisitas kulit, sehingga terlihat awet muda. Isoflavon juga mengandung phytoestrogen, zat yang hampir sama dengan hormon estrogen. Karena itulah, isoflavon sering disebut sebagai pengganti alami estrogen.
Susu kedelai memiliki kadar protein dan komposisi asam amino yang hampir sama dengan susu sapi. Keunggulan lain dari susu kedelai dibandingkan susu sapi adalah tidak mengandung kolesterol sama sekali. Secara umum susu kedelai mengandung vitamin B1, B2 dan niasin dalam jumlah yang setara dengan susu sapi atau ASI, serta mengandung vitamin E dan K dalam jumlah yang cukup banyak. Vitamin yang terkandung dalam kedelai tersebut, sangat bermanfaat bagi kulit tubuh manusia, terutama untuk perawatan wajah.
Vitamin B1(tiamin) merupakan salah satu jenis vitamin yang memiliki peranan penting dalam menjaga kesehatan kulit dan membantu mengkonversi karbohidrat menjadi energi yang diperlukan tubuh untuk rutinitas sehari-hari. Bila terjadi kekurangan vitamin B1, kulit akan mengalami berbagai gangguan, seperti kulit kering dan bersisik.  
Vitamin B2 (riboflavin) banyak berperan penting dalam metabolisme di tubuh manusia. Vitamin ini juga berperan dalam pembentukan molekul steroid, sel darah merah, dan glikogen, serta menyokong pertumbuhan berbagai organ tubuh, seperti kulit, rambut, dan kuku. Kekurangan vitamin B2 dapat menyebabkan menurunnya daya tahan tubuh, kulit kering bersisik, mulut kering, bibir pecah-pecah, dan sariawan.
Manfaat vitamin E untuk kulit cukup besar dan karena itu vitamin E menjadi bagian penting dari hampir semua produk perawatan kulit. Vitamin E memiliki sifat antioksidan yang kuat sehingga melindungi kulit dari efek berbahaya radikal bebas, polusi dan obat-obatan. Hal ini memperkuat sistem kekebalan tubuh kita. Vitamin E juga melindungi kulit dari radiasi ultraviolet yang berbahaya dan tetap membuatnya tampak lebih muda dan sehat. Penggunaan minyak vitamin E topikal dapat mempercepat proses penyembuhan jerawat dan mencegahnya. Hal ini juga diyakini dapat mengurangi munculnya stretch mark, bekas jerawat dan bahkan bintik-bintik yang disebabkan oleh usia. Vitamin E juga dapat mengurangi hilangnya air trans epidermis dari kulit. Hal ini membantu memperkuat permukaan kulit, sehingga dapat mencegah terjadinya dehidrasi dan pengembangan keriput dan garis-garis halus.
Seperti yang terlah disebutkan, kedelai memiliki banyak manfaat bagi perwatan kulit wajah. Karenanya banyak produk-produk kecantikan yang menggunakan kedelai sebagai bahan dasarnya, seperti serum kedelai, krim malam sari kedelai dan masih banyak lagi. Untuk masyarakat terutama kaum wanita yang menginginkan kulit wajahnya bebas flek hitam, terlihat awet muda dan sehat tanpa harus merogoh kocek yang besar, ampas kedelai merupakan solusi yang paling tepat. Selain sari kedelai yang dapat dikonsumsi untuk kesehatan tubuh, ampasnya pun dapat digunakan untuk masker wajah. Caranya pun cukup mudah dan praktis, yaitu kacang kedelai ditumbuk (atau diblender) secukupnya lalu tambahkan air hangat secukupnya, peras lalu saring. Air hasil perasan tersebut dapat kita konsumsi dan ampasnya dapat langsung kita oleskan pada wajah. Tunggu sampai kering lalu bilas wajah menggunakan air hangat atau dingin. Hasilnya wajah pun akan terlihat lebih cerah dan bersih. Jika digunakan secara teratur, wajah akan terlihat awet muda, sehat dan bebas flek hitam.

0 komentar:

Posting Komentar