Selasa, 04 Desember 2012

Jenis-jenis reklame dan perbedaannya



Perbandingan Reklame Poster dengan Reklame Angkutan

Reklame berasal dari Bahasa Latin dari kata re-clamare (Re=berulang, Clamare=seruan). Reklame adalah  adalah benda atau alat  yang dijadikan sebagai media yang menurut bentuk, susunan dan corak ragamnya untuk tujuan komersial. Dipergunakan untuk memperkenalkan, menganjurkan atau mempromosikan suatu barang atau  jasa yang dapat dilihat, dibaca, atau didengar oleh umum. Biasanya reklame dipasang di tempat-tempat yang banyak dijumpai masyarakat seperti pada tiang-tiang persimpangan jalan raya, majalah, shelter, angkutan dan lain sebagainya. Reklame bukan dilakukan oleh Pemerintah atau Pemerintah Daerah.

Berdasarkan jenisnya reklame dibagi menjadi beberapa macam, misalnya : Reklame Billboar,  Reklame Bus Shelter, Reklame Kendaraan, Reklame Bioskop film, Reklame Tembok, Reklame Baliho, Reklame Spanduk, Reklame Poster, Reklame Melekat (stiker), Rekalme Slide/film, Reklame Banner, dan lain sebagainya. Pada pembahasan kali ini penulis mencoba membandingkan beberapa reklame, yaitu antara reklame poster dengan reklame angkutan.

Reklame Angkutan
                  
Reklame angkutan disebut juga sebagai reklame berjalan (berpindah-pindah). Reklame jenis ini berupa gambar yang dirancang sedemikian rupa sehingga menarik perhatian, digambar pada beragam angkutan baik bus, angkutan kota, kendaraan pribadi maupun lembaga.  Reklame ini bertujuan untuk menpengaruhi, mengenalkan, dan mempromosikan suatu barang atau jasa kepada khalayak. Contoh reklame angkutan:


Reklame Poster

Poster adalah gambar yang dirancang sedemikian rupa sehingga menarik perhatian pada sehelai kertas / bahan lain yang digantung atau ditempel di dinding atau permukaan lain. Poster merupakan alat untuk mengiklannkan sesuatu, sebagai alat propaganda, dan protes, serta maksud-maksud lain untuk menyampaikan berbagai pesan atau informasi. Selain itu, poster juga dipergunakan secara perorangan sebagai sarana dekorasi yang murah meriah. Contoh poster:

Perbandingan Kedua reklame diatas:


Reklame Angkutan
Poster
Jenis Iklan
Komersial
Komersial
Menawarkan
Jasa
Barang
Sifat
Reklame berjalan
Reklame tetap
Kategori
Iklan konsumen
Iklan Konsumen
Lokasi pemasangan
Pada kendaraan umum maupun pribadi
Ditempel di tembok/ tiang-tiang tempat umum
Pendekatan/ daya tarik iklan
·         Menggunakan animasi/fantasi
·         Suasana dan pencitraan
·         Penetrasi/melibatkan tokoh/ artis dalam iklan (artis Sandra Dewi)
·         Merk
·         Perbandingan dengan produk lain (rambut terasa 4 kali lebih lembut)
Media periklanan
Media luar ruang
Media luar ruang
Isi
Singkat, padat, jelas
Terlalu panjang/ terlalu banyak kata-kata
Tipe
Visual
Visual
Kelebihan
·         Tahan lama/ awet
·         Dapat dilihat lebih banyak masyarakat, karena sifatnya berjalan
·         Animasi dan desain menarik
·         Komposisi warna yang dipakai sesuai sehingga mudah dilihat dan dipahami
·         Biaya produksi lebih murah
·         pembuatan membutuhkan waktu lebih cepat
·         Menggunakan tokoh yang berpengaruh
·         Merk yang sudah mempunyai nama di masyarakat
Kelemahan
·         Biaya produksi relatif lebih mahal
·         Pebuatan membutuhkan waktu yang relatif lama
·         Komposisi antara warna baground, tulisan dan gambar kurang pas, sehingga terlihat kurang jelas
·         Tidak tahan lama/ jangka waktu terbatas


2 komentar: