Senin, 01 Oktober 2012

sejarah dan pengertian IT, ICT dan ICCT



yukkk belajar seputar teknologi Informasi dan komunikasi.... 

Computer
komputer adalah perangkat yang membantu manusia dalam melakukan berbagai macam perhitungan. komputer yang paling awal adalah sempoa, yang digunakan untuk melakukan operasi aritmatika dasar. Namun kebanyakan orang saat ini mengasosiasikan kata "komputer" dengan komputer elektronik yang diciptakan pada abad terakhir, dan telah berkembang menjadi komputer modern yang kita kenal hari ini.
  •                  Generasi Pertama Komputer (1940 - 1950)
    Komputer
    elektronik pertama menggunakan tabung vakum, dan mereka besar dan kompleks.
  •                     Generasi Kedua Komputer (1955 - 1960)
    Generasi kedua komputer muncul berkat penemuan transistor, yang kemudian mulai menggantikan tabung vakum dalam desain komputer. Komputer transistor
    menggunakan listrik jauh lebih sedikit, menghasilkan panas lebih sedikit, dan ukurannya jauh lebih kecil dibandingkan dengan generasi pertama.
  •                 Generasi Ketiga Komputer (1960)
    Penemuan sirkuit terpadu (IC)
    atau microchip, membuka jalan bagi komputer seperti yang kita kenal sekarang. Membuat sirkuit dari potongan tunggal silikon, yang merupakan semikonduktor, memungkinkan mereka untuk menjadi jauh lebih kecil dan lebih praktis.
  •          Genarasi Keempat Komputer (1971 - sekarang)
    Lahir
     microchip berbasis central processing unit yang terdiri dari microchip ganda untuk komponen CPU yang berbeda. Dorongan untuk integrasi semakin besar dan miniaturisasi dipimpin menuju chip tunggal CPU, di mana semua komponen CPU yang diperlukan dimasukkan ke sebuah microchip tunggal, yang disebut mikroprosesor. CPU chip tunggal pertama, atau mikroprosesor, adalah Intel 4004. Munculnya mikroprosesor melahirkan evolusi dari mikrokomputer, jenis yang akhirnya akan menjadi komputer pribadi yang kita kenal dengan hari ini.

Communication
Kata komunikasi berasal dari bahasa Romawi yaitu retorika (cara menyampaikan sesuatu). Pada awal kehidupan, komunikasi digunakan untuk menyampaikan kebutuhan organis. Sinyal-sinyal kimiawi organisme awalnya dipakai untuk reproduksi. Seiringan evolusi kehidupan, sinyal-sinyal kimiawi primitif yang digunakan dalam berkomunikasi tersebutpun ikut berevolusi .
Komunikasi mengalami pertumbuhan yang pesat pada era 1900an, saat perang dunia ke II, Pada saat itu komunikasi sudah dipakai sebagai ilmu terapan. Ilmu komunikasi mengalami pengabungan menjadi ilmu multidisipliner (terdiri dari berbagai macam ilmu pengetahuan) setelah perang dunia II hingga era 1960an. Kini komunikasi berkembang  pesat khususnya dalam tekhnologi komunikasi pada 1960 sampai sekarang, periode ini disebut periode tinggal landas. Perkembangan pesat tekhnologi komunikasi pada masa ini ditandai dengan kemunculan tekhnologi internet, seluler, dan juga satelit, dunia menjadi sebuah dunia tanpa batasan ruang dan waktu.

Information
Informasi adalah Data yang berupa catatan historis, dicatat dan diarsipkan tanpa maksud, kemudian diambil kembali untuk menentukan keputusan saat ini maupun saat mendatang . Informasi merupakan data yang sudah diolah menjadi bentuk yang lebih berarti dan berguna yang disampaikan kepada penerima untuk digunakan di dalam pembuatan keputusan.
                                    
IT (Information technology)
Teknologi Informasi (information technology) merupakan dua kata yang terdiri dari kata teknologi dan informasi.  Kata "teknologi informasi" merujuk pada ilmu pengetahuan modern dari informasi digital, pencatatan, penggunaan, dan transmisi melalui komputer. teknologi informasi merupakan hasil rekayasa manusia terhadap penyampaian informasi dari bagian pengirim ke penerima sehingga pengiriman informasi tersebut akan lebih cepat, lebih luas cakupannya, dan lebih lama penyimpanannya. Sebagaimana yang telah kita sadari bahwa sekarang ini semua telah beralih fungsi ke dunia teknologi, dimana tidak adanya batasan antara jarak dan waktu. Sehinnga kadang kita merasa, bahwa dunia kini terasa lebih sempit.
Teknologi informasi pada dasarnya mengacu pada aplikasi perangkat lunak dan kerja perangkat keras komputer untuk mengolah data. Jelasnya, apa yang membuat data, informasi yang dirasakan dalam format visual apapun, melalui tiap mekanisme distribusi multimedia, dianggap bagian dari teknologi informasi.  Pada tahun 1980, komputer dengan sirkuit terpadu pada satu chip mulai menjadi tersedia sebagai item terjangkau, khusus dirancang untuk digunakan oleh konsumen. IBM pertama PC dirilis pada tahun 1981. Graphical User Interfaces (GUI), yang merupakan program yang memungkinkan pengguna untuk melihat layar dengan jendela, perintah diklik dan warna-muncul di akhir 1980-an. Windows diperkenalkan pada tahun 1983, sementara Apple pertama Macintosh datang di pasar pada tahun 1984. Teknologi informasi juga telah bergeser dari fokus pada komputer tunggal untuk jaringan komputer, seperti tahun-tahun telah berlalu dan teknologi telah maju.
Teknologi informasi telah membawa kita kepada internet. Web telah berkembang dengan cepat tumbuh menjadi pilihan utama agar orang-orang untuk berkomunikasi apakah itu melalui email atau layanan pesan instan.
Dan teknologi tidak selalu merujuk hanya untuk komputer. Namun  Setiap media atau saluran yang menyimpan dan memproses informasi masuk kategori teknologi informasi seperti penggunaan ponsel, televisi, mobil, dan lain sebagainya.

ICT (Information Communication Technology)
Ungkapan ICT telah digunakan oleh peneliti akademis sejak 1980-an,  tapi menjadi populer setelah digunakan dalam laporan kepada pemerintah Inggris oleh Dennis Stevenson pada tahun 1997 dan dalam Kurikulum Nasional revisi untuk Inggris, Wales dan Irlandia Utara pada tahun 2000.
 ICT adalah singkatan dari Information and Communication Technology atau yang biasa kita kenal dengan sebutan Teknologi Informatika dan Komunikasi. Yang dimaksud dengan ICT bukan hanya komputer dan internet,namun mengandung makna yang lebih luas yaitu meliputi teknologi cetak (seperti buku, majalah, foto dll) maupun non-cetak (seperti teknologi audio (audio cassette, CD-MP3 pembelajaran), audio-visual (VCD/DVD pembelajaran), multimedia (CDROM), internet dan pembelajaran berbasis web).
 sekarang ini kita telah hidup dalam era informasi (globalisasi). Dalam era informasi kecanggihan teknologi informasi dan komunikasi telah memungkinkan terjadinya pertukaran informasi yang cepat tanpa terhambat oleh batas ruang dan waktu. Berbeda dengan era agraris dan industri,kemajuan suatu bangsa dalam era informasi ini, sangat tergantung pada kemampuan masyarakat dalam memanfaatkan pengetahuan untuk meningkatkan kraeatifitas dan produktifitas. Karakteristik masyarakat seperti ini dikenal dengan istilah masyarakat berbasis pengetahuan(knowledge-based society).Siapa yang menguasai pengetahuan maka ia akan mampu bersaing dalam era global.
ICCT (Information Communication Collaboration Technology)
Sebagian orang mungkin masih “awam” akan kata-kata ICCT. ICCT adalah singkatan dari Information communication collaboration technology. Bisa kita lihat pada kata collaboration yang berarti kolaborasi atau gabungan. Sehinngga ICCT adalah gabungan atau kolaborasi antara teknologi informasi dan teknologi komunikasi yang dipadukan dengan penggunaan internet. ICCT ini lahir karena semakin tingginya kebutuhan dan minat masyarakat akan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi serta seiring perkembangan zaman yang menuntut perkembangan teknologi.

0 komentar:

Posting Komentar