Minggu, 14 Oktober 2012

Resensi Film The Social Network



Teknologi Cyber media dalam The Social Network

Judul  film : The Social Network
Tahun rilis  : 2010
Durasi         : 120 menit 

Sinopsis
The Social Network adalah film drama Amerika yang disutradarai oleh David Fincher dan ditulis oleh Aaron Sorkin. Film ini diadaptasi dari buku karya Ben Mezrich berjudul The Accidental Billionaires. The social Network mengisahkan pendirian situs jejaring sosial Facebook oleh Mark Zuckerberg yang kini menjadi situs jejaring sosial paling digemari dipenjuru dunia, dan membuat  Mark Zuckerberg menjadi kaya raya di usia muda.
Film ini diperankan oleh Jesse Eisenberg sebagai Mark Zuckerberg (pendiri facebook), artis cantik rooney mara (Erica Albright/ pacar Mark) dan bintang terkenal Justin Timberlake (Sean Parker/pencipta Napster) dan Eduardo Saverin (Andrew Garfield/ teman Mark yang membantu dalam pembuatan situs). Film ini dirilis di Amerika Serikat oleh Columbia Pictures pada 1 Oktober 2010.
Berawal saat musim gugur tepatnya tahun 2003 dari sebuah kencan yang buruk bersama pacarnya Erica (Rooney Mara) yang menyebabkan hubungan mereka harus berakhir, Mark (Jesse Eisenberg) mencoba melampiaskan kemarahannya dengan membuat  situs facemash.com yang menampilkan dua foto wanita untuk dipilih mana yang dianggap paling seksi sesuai selera bagi mereka yang masuk ke situs ini. Karena situs ini, Mark dibenci oleh para mahasiswi dan mendapat ancaman dari pacar mereka.
Namun hal ini  menarik perhatian pihak Harvard, setelah sebelumnya mendapat kecaman karena prilaku Mark yang dianggap kurang terpuji. Keisengan Mark dan kawan-kawannya ini berhasil pula menarik perhatian si kembar bersaudara Winklevoss (Armie Hammer) yang ingin membuat sebuah situs harvardconection.com yaitu situs jejaring sosial yang  bisa membuat wanita dan pria saling bertemu di Harvard. Saudara kembar Winklevoss adalah anggota dari Porcelain Club, salah satu club elite Harvard, pemegang uang warisan dan mereka pula duduk di deretan anak-anak keren.  Mark mendapat perhatian si kembar karena berhasil menciptakan situs kecil yang sanggup menutup server Harvard. Mulanya Mark menyindir ide Winklevoss bersaudara yang menurutnya tidak berbeda dengan friendster dan myspace. Tapi tawaran kerjasama akhirnya diterima karena Mark merasa dirinya kurang populer sehingga dia merasa harus bisa masuk ke dalam salah satu dari 8 klub elit yang ada di Harvard. Namun tetap saja, Zuckerberg tidak benar-benar diterima di club elite Harvard.
Seiring dengan perjalanannya, Mark mengembangkan sendiri pikirannya kedalam situs yang ia beri nama thefacebook. Tanpa diketahui si kembar bersaudara Winklevoss dan temannya yang telah membantu dalam proses pembuatan situs thefacebook Andrew Garfield , Mark telah meluncurkan thefacebook diantara mahasiswa Harvard. Dengan kemampuannnya Mark menjadikan thefacebook dapat diterima dan diminati oleh para pengguna internet.
Selain bercerita bagaimana perjalanan seorang Mark Zuckerberg menciptakan Facebook. The Social Network juga mengisahkan beberapa konflik yang menarik, diantaranya yaitu konflik yang terjadi antara Mark dan si kembar bersaudara Winklevoss yang menuntut thefacebook sebagai ide mereka. Lalu perselisihan antara Mark dan temannya Eduardo Saverin (Andrew Garfield) yang memperebutkan pengakuan pengembangan Facebook. Ditambah kisah cinta yang tidak berjalan dengan baik antara Mark dan Erica yang menganngap Mark terlalu sibuk pada komputernya dibandingkan terhadap dirinya.
Pada Akhirnya tiba pada perkenalan Mark dengan Sean Parker (Justin Timberlake) sang pencipta Napster yang akhirnya mengubah situs thefacebook menjadi facebook yang sampai kini telah memiliki total pengguna sampai 500 juta orang di seluruh dunia.


Facebook adalah teknologi cybermedia yang termuat dalam film The Social Network
   Facebook memiliki beragam fungsi dan kegunaan diantaranya:
1.       Bisnis
Facebook adalah salah satu tempat yang bagus untuk terhubung dengan rekan kerja, menjaga jaringan kerja, mempromosikan bisnis, kontak bisnis, membangun hubungan, meningkatkan visibilitas, mengembangkan merek/produk pribadi.
2.      Kemudahan Penggunaan
Waktu atau sesi gambaran singkat untuk menemukan berbagai fitur dan aplikasi.
3.      Bertemu dengan teman lama / kolega lebih mudah
4.      Kontak baru
Terhubung secara online dengan orang-orang dari seluruh dunia.
5.      Visibilitas dan Transparansi
Apa yang dikatakan dan lakukan secara online dapat dilihat orang lain, demikian jugasebaliknya. Ini berarti facebook dapat dengan mudah saling memperkenalkan ide-ide / situs / hal-hal lain.
6.      Misi sosial
Facebook dapat dengan mudah membuat grup, halaman atau hal lainnya untuk mendapatkan dukungan untuk ide-ide social (positif).
7.      Facebook sebagai album foto online
Facebook adalah tempat yang tepat untuk meng-upload semua foto-foto keluarga, teman dan rekan kerja.
8.      Facebook untuk bersenang-senang, games.
Selain dapat posting di dinding teman. Facebook juga terdapat berbagai macam aplikasi kuis dan game menarik.


0 komentar:

Posting Komentar